Menuu

Rabu, 27 November 2013

Cerpen


Keylha yang Sombong


Hari ini terasa sangat berbeda seakan mengikuti irama hati yang sedang bahagia, entah apa yang sedang Aylha rasakan sulit tuk ia ungkapkan dengan kata. Aylha mulai untuk pergi ke sekolah dengan menyambut pagi hari yang cerah.Sebelum Aylha memulai semua itu ia akan mengucapkan “bismillahirrohman nirrohim” dan berpamitan kepada kedua orangtuanya yang selalu mendo’akan dia agar  menjadi anak yang sukses,dan dapat membanggakan kedua orang tua.
       Sesampainya Aylha di sekolah, Aylha segera melakukan tugas – tugas yang wajib untuk ia kerjakan, yaitu membersihkan pekarangan di sekitar kelasnya.Aylha adalah anak yang rajin dan pendiam,karena sifat pendiamnya itu membuat ia sering dihina dan dijauhi oleh teman–temannya.Terutama oleh Keylha,Angel,dan Donitha.
       Keylha,Angel,dan Donitha adalah anak–anak yang sombong dan suka menghina teman-teman sekelasnya.Hal itulah yang membuat Keylha dan kedua temannya merasa paling berkuasa dan selalu di takuti oleh teman sekelasnya.
       Terlebih Keylha, gadis cantik yang suka menghina dengan ucapan kasarnya terhadap teman-teman yang dianggap tidak sepadan dengannya.Tetapi teman-teman sekelasnya sudah tidak heran lagi dengan tingkahnya itu, gadis cantik yang sombong dan selalu merasa paling pintar dari yang lainnya.
       Suatu ketika pada jam pelajaran kosong, Keylha mengajak Angel dan Donitha untuk mengganggu Aylha yang sedang belajar di perpustakaan.”Hey.. Angel,Donitha !!! Kita gangguin aja yuk si Aylha.”Ucap Keylha kepada kedua temannya itu.Dengan senyum-senyum Keylha mengatakan kepada Angel dan Donitha atas rencana buruk yang akan ia lakukan kepada Aylha.
       “Apa ???Kamu mau menghina lagi ya key!!” Tanya Angel dan Donitha kepada Keylha dengan rasa bingung.Apa lagi yang Keylha rencanakan untuk menghina teman–teman yang tak sepadan dengannya,mungkin tak ada rasa bosan untuk mencari masalah dengan menghina teman.
       Sementara itu Keylha terus memaksa Angel dan Donitha untuk ikut menggangu Aylha.”Yaa iya lah... ayolah kenapa kalian harus bingung seperti itu !!..”Jawab Keylha kepada Angel dan Donitha.
       “Yaa dehh... kita ikuti kehendak kamu key !!! Tapi ingat ya, kalau sampai Aylha mengadu ke guru,karena kita telah mengganggu nya ... Kita gak tanggung jawab.” Seru Angel dan Donitha kepada Keylha dengan rasa takut.
       Tak lama kemudian, Keylha,Angel,dan Donitha datang menghampiri Aylha yang sedang belajar dengan konsentrasi.Dengan mengganggu Aylha yang sedang belajar.Tak ada rasa kasihan Keylha terhadap teman sekelasnya itu, yang ada Keylha senang melihat temannya susah dan mendapat masalah.
       Keylha selalu berfikiran tanpa harus belajar saja, ia pasti akan mendapatkan peringkat 1 di kelasnya.Tidak seperti Aylha yang harus giat belajar untuk mendapatkan peringkat di kelasnya.
       Setelah Keylha melihat Aylha,dengan tidak menunggu lama Keylha menghina Aylha dengan kata-kata yang tidak pantas untuk di ucapkan dan tidak pantas untuk didengar.Kata-kata yang kasar dan dapat menyinggung hati.
       Namun karena Aylha anak yang sabar dan tidak ingin menambah suatu masalah, Aylha tidak langsung emosi atas apa yang telah di ucapkan oleh Keylha kepadanya.Terlebih Aylha diam dan hanya tersenyum melihat tingkah Keylha.
       “Sudah lah key, kamu gak usah membuat permasalahn disini !!!” Ucap Aylha kepada Keylha dengan senyum.Aylha ingin terus belajar dan membiarkan Keylha yang asik mengganggu.
       Keylha masih terus mengganggu Aylha yang sedang belajar dan ingin mengatakan kepada Aylha, bahwa Aylha tidak akan bisa mengalahkan Keylha yang pintar dan lebih dari segala-galanya.
       “Aku hanya ingin melihat batas kemampuanmu saja, seberapa pintarnya kamu setiap saat selalu belajar !! Sokk pinter banget sihh..Dan lihat aja ya, aku pasti selalu jadi juara kelas”You Know ???” Kata Keylha dengan rasa sombong kepada Aylha.
       Mendengar kata-kata dari Keylha, Aylha hanya bisa berdo’a dan sabar, ia tidak membalas apa yang telah dikatakan oleh Keylha.Aylha hanya ingin berusaha agar dapat membanggakan kedua orangtuanya.
       Setelah lama menunggu kapan akan ujian , akhirnya esok dimulai untuk ujian yang diawali dari berbagai mecam mata pelajaran.Telah terlewat masa-masa ujian itu, saatnya para siswa untuk menunggu hari pembagian raport atau hasil dari pembelajaran selama ini.
       Tiba saatnya hari yang telah ditunggu-tunggu, yaitu pembagian hasil pembelajaran siswa.Mendengar pengumuman dari wali kelas yang akan membagikan raport para siswa, terucap oleh wali kelas “Baiklah anak-anak ,bapak akan mengumumkan peringkat pertama,peringkat pertamanya jatuh kepada Aylha !!!”Ucap guru kepada para siswa.
       Aylha yang tak menyangka bahwa ia yang akan mendapatkan peringkat 1 di kelas, sedih gembira yang ia rasakan tak tau lagi apa yang sedang ia rasakan.Sedangkan Keylha yang tadinya telah berharap besar, kini langsung terperungkup malu dan sedih.Keylha sangat sedih karena peringkatnya jauh menurun dari peringkat 1,kini menjadi peringkat 8.
       Akhirnya Keylha meminta maaf kepada Aylha yang selama ini telah diremehkan dan selalu dihina.Keylha juga menyadari bahwa jangan pernah menghina teman dan jangan pernah sombong dengan suatu keberhasilan.Dan akhirnya Keylha dan Aylha menjadi teman yang baik.

      
Karya : Sella Kurniawati






Keylha yang Sombong


Nama        : Sella Kurniawati
Sekolah      : Smp Negeri 6 Merangin  
Kelas         : IXa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar