Menuu

Rabu, 06 November 2013

Suara menjadi serak

Saat bangun pagi dari tidur Anda, Anda menemukan suara Anda serak atau bahkan menghilang? Padahal sebelum Anda tidur suara Anda baik-baik saja. Nah apa pengertian dari suara serak? Suara serak itu sendiri adalah gejala dimana Anda akan merasakan suara anda tidak normal saat berbicara, ciri-cirinya seperti ketika anda sedang bernafas, suara terasa bergetar, volume suara menjadi kecil dan lain sebagainya. Biasanya suara serak dibarengi juga dengan sakit pada tenggorokan atau kerongkongan dan muncul perasaan aneh saat sedang berbicara. Suara yang serak juga bisa dikarenakan hal yang mengganggu vibrasi dari pita suara seperti adanya pembengkakan dan peradangan, polip yang menutup akses keluarnya pita suara dan lain-lain.
Gejala dengan munculnya suara yang serak biasanya dialami pada waktu waktu tertentu seperti misanya pada saat cuaca dingin atau saat Anda sedang menderita flu dan batuk. Tapi juga bisa jadi Anda mengalami hal yang serius jika tidak di tangani secara dini. Di bawah ini adalah beberapa penyebab kenapa suara Anda menjadi serak :
1. Merokok
Rokok adalah faktor yang tentu sangat membahayakan kesehatan, sebagai seorang perokok Anda jangan heran apabila suara Anda tiba-tiba serak,  Sebagai perokok pasif yang menghisap asap rokok juga bisa menyebabkan suara anda menjadi serak.
2. Kanker Tenggorokan atau Kanker Paru-paru
Jangan Anggap remeh ketika suara Anda menjadi tiba – tiba serak, apabila terus terjadi dalam waktu yang panjang, bisa jadi suara serak adalah gejala bagi mereka penderita kanker tenggorokan atau paru – paru, apabila tidak sembuh dalam waktu yang singkat segera hubungi dokter Anda.
3. Pembengkakan Pita Suara atau Polip
Suara yang serak biasanya juga di sebabkan oleh peradangan atau pembengkakan pada pita suara yang dapat mengganggu penutupan secara normal saat Anda sedang berbicara
4. Kelenjar Gondok
Penyakit kelenjar Gondok yang rendah apabila tidak diobati dan dibiarkan saja bisa mengakibatkan suara serak dan tentu akan sangat mengganngu aktifitas Anda.
5. Polusi Udara
Tercemarnya udara sekitar dikarenakan banyaknya polusi sehingga dapat menyebabkan iritasi pada tubuh manusia, Iritasi melalui polusi udara yang mengandung zat kimia ternyata juga bisa menyebabkan suara menjadi serak.
6. Asma
Selain gejala sesak nafas yang sering timbul pada penderita penyakit Asma, suara yang serak juga bisa dirasakan dan sering terjadi.
7. Laringitis
Laringitis merupakan penyebab utama keserakan yang terjadi pada suara dan bisa disebabkan karena beberapa hal seperti suhu udara yang terlalu dingin dan juga disebabkan karena flu dan i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar